Hemat dan Sehat di Tengah Pandemi, Ini 5 Jenis Umbi yang Baik Dikonsumsi Menurut SehatQ.Com

  • Whatsapp

hemat-dan-sehat-di-tengah-pandemi-ini-5-jenis-umbi-yang-baik-dikonsumsi-menurut-sehatq-com

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga murah sudah menjadi kebutuhan. Anda bisa mengkonsumsi umbi-umbian untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian. Tidak hanya membuat kenyang, menurut laman SehatQ.com, umbi-umbian ini juga memiliki banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Read More

Dilansir dari laman yang sama, berikut ini adalah 5 jenis umbi-umbian yang baik untuk dikonsumsi.

1. Kentang

Selain karbohidrat, kentang juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, yaitu serat, protein, antioksidan, kalium, folat, dan vitamin. Untuk bisa mendapatkan semua manfaat nutrisi dari kentang, Anda harus mengolahnya dengan benar. Proses pengolahan yang keliru akan membuat kandungan nutrisi pada kentang menjadi hilang.

Cara terbaik untuk mengolah kentang adalah dengan direbus, dikukus, atau dipanggang. Karena kulit kentang banyak mengandung gizi baik, Anda dianjurkan untuk tidak perlu mengupas kentang ketika mengolahnya. Anda juga tidak disarankan untuk mengolahnya dengan cara digoreng karena akan meningkatkan kalori dalam kentang.

2. Singkong

Meskipun harganya sangat murah, singkong merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin C, dan antioksidan. Zat antioksidan yang terkandung dalam singkong adalah asam fenolik, anthraquinones, saponin, dan alkaloid. Dengan kandungannya tersebut, membuat singkong tidak hanya mengenyangkan tapi juga baik untuk kesehatan kulit.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar baik untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari karena mengandung banyak nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat, dan juga kalium hingga antioksidan. Mengkonsumsi ubi jalar setiap hari tidak hanya memenuhi kebutuhan vitamin di dalam tubuh, namun juga mampu menurunkan risiko penyakit kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Ubi Rambat

Meskipun sama-sama memiliki nama ubi, jenis ubi rambat berbeda dengan ubi jalar. Ubi rambat, atau disebut juga dengan ayam, memiliki kulit kecoklatan dengan tekstur yang kasar. Bagian dalamnya berwarna putih agak keunguan dan teksturnya lebih kering dibandingkan ubi jalar.

Ubi rambat juga baik untuk dikonsumsi. Kandungan gizinya berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan mampu menyeimbangkan kadar hormon jika dikonsumsi secara rutin.

5. Talas

Talas atau taro merupakan jenis umbi-umbian yang banyak ditemukan di daerah Bogor. Bentuk talas sangat khas karena memiliki kulit berwarna cokelat dan bagian dalamnya berwarna putih dengan bercak-bercak ungu. Talas tidak hanya membuat kenyang, namun juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, memperlancar pencernaan, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Nah, itulah 5 jenis umbi-umbian yang baik dikonsumsi setiap hari. Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, umbi-umbian tersebut juga bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket. Harganya pun relatif murah. Mengkonsumsi Umbi-umbian ini bisa dijadikan alternatif agar bisa hidup sehat dan hemat di tengah pandemi.

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk selalu berada di rumah dan keluar rumah hanya jika sangat terpaksa untuk mengendalikan penyebarannya. Anda pun disarankan untuk tidak mengunjungi rumah sakit jika tidak benar-benar penting. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kini konsultasi dokter bisa dilakukan melalui aplikasi SehatQ.com.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur Toko SehatQ.com yang menjual berbagai obat-obtan dan juga alat kesehatan. Jadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan Anda akan obat tanpa perlu keluar rumah. Cukup melakukan pemesanan melalui aplikasi ini, kurir akan mengantarkannya langsung ke rumah Anda. Gampang, kan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *