6 Tips Berburu Rumah Kontrakan 5 Juta per Tahun di Medan

6-tips-berburu-rumah-kontrakan-5-juta-per-tahun-di-medan
Foto : Canva.com Pro

Tinggal di rumah kontrakan dapat jadi pilihan ketika bujet yang dimiliki belum mencukupi untuk membeli rumah. Apalagi untuk pasangan baru menikah yang butuh tempat tinggal namun finansial belum stabil. Kali ini akan dibahas bagaimana caranya untuk berburu rumah kontrakan 5 juta per tahun di Medan.

Berburu Kontrakan Murah

Harga sewa rumah saat ini sangat bervariasi. Jika dana tak terlalu besar maka bisa diusahakan untuk mencari rumah kontrakan dengan biaya yang terjangkau. Berikut adalah 6 tips berburu rumah kontrakan terjangkau 5 jutaan di wilayah Medan:

Read More

1. Cari dengan Usaha Sendiri

Tips pertama yang dapat dicoba adalah mencari rumah kontrakan dengan usaha sendiri. Cara ini cocok sekali diterapkan jika Anda membutuhkan rumah kontrakan dengan biaya sewa yang ringan. Saat ini ada banyak jasa yang akan membantu Anda untuk berburu rumah kontrakan terbaik. Namun biasanya mereka akan memasang tarif yang lebih mahal sebagai uang jasa.

Jika tak ingin mengeluarkan lebih banyak uang, maka lebih baik cari saja kontrakan dengan usaha sendiri. Manfaatkan media sosial dan koneksi internet untuk berburu informasi mengenai rumah kontrakan. Kalau perlu langsung survey secara langsung dengan mengunjungi perumahan maupun lokasi yang berpotensi terdapat banyak rumah kontrakan.

Salah satu keuntungan mencari kontrakan dengan usaha sendiri adalah bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa lebih leluasa mencari sesuai kriteria yang pas di hati. Selain itu akan jauh lebih mudah untuk menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki apabila mencari rumah kontrakan tanpa bantuan jasa.

2. Langsung Kontak dengan Pemilik

Tak perlu menggunakan perantara, langsung saja hubungi pemilik rumah jika ingin berdiskusi masalah kontrakan tersebut. Jasa perantara mungkin akan mempermudah prosesnya namun membuat Anda jadi keluar biaya yang lebih besar. Cari saja rumah yang dikontrakan langsung oleh pemiliknya tanpa memakai jasa perantara.

Berkontak langsung dengan pemilik rumah juga akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan informasi mengenai rumah tersebut. Anda jadi lebih leluasa bertanya tentang rumah yang akan disewa. Mulai dari fasilitas di sekitar lingkungan rumah hingga tingkat keamanan di rumah tersebut.

Sebenarnya jika Anda berburu rumah kontrakan sendiri, maka akan lebih mudah untuk langsung berkomunikasi dengan pemilik rumah. Lain halnya jika Anda menggunakan jasa, biasanya komunikasi juga akan diperantarai oleh jasa tersebut. Jika hal ini terjadi maka bisa saja terjadi kesalahan komunikasi apalagi saat bernegosiasi masalah harga.

3. Pilih Rumah tanpa Perabot

Banyak sekali pilihan rumah yang saat ini disewakan lengkap dengan perabotannya. Apabila dana Anda terbatas maka sangat disarankan untuk memilih rumah yang kosong, tanpa perabot. Biasanya jenis rumah seperti ini akan disewakan dengan harga yang jauh lebih murah.

Menyewa rumah kosong yang belum ada perabotnya juga jauh lebih disarankan karena akan mempermudah Anda. Anda bisa mengatur sendiri isi rumah sesuai dengan kebutuhan. Salah satu tips nyaman tinggal di rumah kontrakan adalah dengan menatanya sebaik mungkin sehingga terasa seperti di rumah sendiri.

Apabila rumah yang disewa sudah dilengkapi dengan perabotan, maka akan sulit bagi Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Bisa saja barang-barang yang ada di rumah tersebut tidak Anda butuhkan dan malah menimbulkan rasa tidak nyaman. Jadi, sangat disarankan untuk menyewa rumah yang masih kosong saja.

4. Pilih Lokasi yang Tepat

Ambillah lokasi rumah yang tidak terlalu strategis. Jika ingin harga sewa rumah terjangkau maka jangan mencari di pusat kota atau di titik keramaian. Tentu saja harga sewa rumah yang berlokasi di kota akan jauh lebih mahal. Tinggal di desa pun tidak masalah karena zaman sekarang akses sudah semakin mudah untuk dijangkau.

Anda bisa menemukan beberapa pilihan rumah kontrakan 5 juta per tahun di Medan dengan menjelajahi lokasi-lokasi yang sedikit jauh dari pusat kota. Biasanya rumah-rumah yang ada di pedesaan ditawarkan dengan harga terjangkau. Selama lingkungannya aman dan nyaman maka ambil saja daripada harus membayar mahal untuk sewa rumah di pusat kota.

5. Ambil Rumah Kecil Saja

Semakin besar dan mewah sebuah rumah maka semakin mahal juga harga sewanya. Sangat disarankan untuk memilih tipe rumah yang kecil saja jika bujetnya terbatas. Harga 5 juta untuk sewa rumah selama satu tahun tergolong sangat murah. Tentu tak mudah untuk menemukan rumah kontrakan dengan bujet 5 juta setahun apalagi jika Anda mencari rumah yang besar.

Ambil saja rumah yang ukurannya tidak terlalu besar namun cukup nyaman bagi Anda dan keluarga. Rumah kontrakan biasanya dihuni untuk sementara dan tidak dijadikan sebagai rumah tinggal tetap. Pilih saja rumah yang besarnya cukup dan tidak terlalu mewah.

6. Lakukan Negosiasi

Usahakan untuk negosiasi harga terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Jika bisa mendapatkan harga yang paling murah, mengapa tidak? Untuk urusan negosiasi ini memang dibutuhkan keahlian tersendiri. Jika Anda tak ingin menggunakan bantuan perantara maka pelajari dulu teknik negosiasi yang jitu.

Apabila rumah yang disewakan sudah memasang harga sesuai bujet, maka tak ada salahnya menawar di bawah bujet. Jika memang disetujui oleh pemilik rumah maka Anda bisa mendapatkan sisa uang yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Jika tak bisa bernegosiasi sendiri, mintalah bantuan keluarga atau teman untuk melakukannya.

Itulah tadi 6 tips berburu rumah kontrakan 5 juta per tahun di Medan. Pastikan untuk teliti sebelum deal dengan satu rumah kontrakan. Cari perbandingan dulu untuk menentukan mana yang paling baik dan menawarkan harga yang paling pas.

Sumber:

https://www.rumah.com/berita-properti/2017/4/150332/tips-berburu-rumah-murah

https://www.99.co/id/panduan/memilih-rumah-kontrakan

https://artikel.rumah123.com/14-tips-memilih-rumah-kontrakan-untuk-keluarga-58245

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *