5 Tips Perawatan Kain Songket agar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Kain songket merupakan jenis kain yang sangat populer di Indonesia. Kain ini menjadi salah satu identitas kebudayaan di tanah air. Proses pembuatan kain songket tidaklah mudah sehingga tak heran jika jenis kain ini dibanderol dengan harga mahal. Oleh sebab itu dibutuhkan tips perawatan kain songket yang tepat agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Read More

Merawat Kain Songket

Jenis kain yang satu ini dianggap sangat berharga karena kualitasnya memang tak main-main. Khususnya untuk tipe kain songket yang berkualitas asli. Berikut ini akan dibahas 5 tips efektif untuk merawat kain songket:

1. Cucilah dengan Tangan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat kain songket adalah mencucinya dengan menggunakan cara manual alias cuci pakai tangan. Jangan mencuci kain songket menggunakan mesin cuci karena risiko kerusakan tekstur kain jauh lebih besar. Gerakan mesin cuci bisa menyebabkan kerusakan serat kain dan menurunkan kualitasnya.

Lagipula biasanya kain songket tidak digunakan setiap hari. Kain ini hanya dipakai sesekali di acara-acara istimewa. Kain songket tidak akan dipakai sampai kotor sekali karena biasanya hanya dipakai selama beberapa jam saja. Oleh sebab itu lebih baik cuci saja dengan tangan atau bila perlu lakukan proses pencucian dengan metode dry cleaning saja.

2. Hindari Perendaman

Kain songket memang hanya digunakan sesekali dan biasanya tidak terlalu kotor, jadi tidak perlu direndam. Proses perendaman akan menyebabkan kilau benang emas pada kain songket memudar. Lebih baik langsung cuci saja tanpa perlu direndam. Apalagi jika terlalu lama direndam sampai beberapa jam, sudah bisa dipastikan pesona visual kain akan berkurang.

3. Hindari Pemakaian Detergen

Tips perawatan kain songket berikutnya adalah jangan dicuci dengan menggunakan detergen. Sebaiknya cukup cuci kain songket dengan menggunakan air biasa. Pencucian kain songket dengan detergen bisa menyebabkan kerusakan tekstur kain dan warna asli benang memudar. Lagipula kain songket memang tak terlalu kotor jika hanya dikenakan sekali saja.

4. Jemur di Tempat Sejuk

Setelah selesai dicuci, sangat disarankan untuk langsung menjemur kain songket. Lebih baik kain ini dijemur di tempat yang sejuk. Artinya, jangan menjemur kain songket tepat di bawah paparan sinar matahari langsung. Hal ini akan menyebabkan warna kain cepat memudar. Selain itu tingkat kelembutan kain juga bisa rusak karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

5. Jangan Disetrika Langsung

Sebelum disimpan, kain songket sebenarnya tidak perlu disetrika. Namun jika memang dibutuhkan maka silakan setrika kain songket dengan menggunakan alas. Letakkan kain tipis di atas kain songket sehingga setrika tidak akan langsung mengenai permukaan kain. Cara ini sangat efektif membantu menjaga kualitas kain songket yang asli.

6. Simpan dengan Cara Digulung

Jangan menyimpan kain songket dengan cara dilipat biasa seperti baju-baju lainnya. Lebih baik simpanlah kain songket dengan cara digulung. Metode ini akan membantu menjaga kualitas kain songket. Selain itu menggulung kain songket juga bisa menghemat ruang penyimpanan. Jika memang tak ingin digulung maka simpan saja dengan cara digantung, asalkan tidak dilipat biasa.

Jika dirawat dengan benar, kain songket ini akan bertahan lama dengan kualitas yang selalu terjaga. Terapkan semua tips perawatan kain songket yang telah dibahas tadi demi memelihara kualitasnya. Apalagi jika kain tersebut berkualitas asli dan memiliki nilai jual yang tinggi. Pastikan untuk berhati-hati merawat kain tersebut agar bisa menjadi koleksi yang berharga bagi Anda.

Sumber:

https://laundry.drop.id/blog/d-laundry/cara-mencuci-kain-songket/

https://kumparan.com/urbanid/7-tips-merawat-kain-songket-palembang-agar-tak-gampang-rusak-1s6aILyjzEB/3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.