5 Solusi Efektif Mengatasi Gigi Sensitif

Kondisi gigi sensitif seringkali membuat kita terganggu. Gigi sensitif membuat kita tak bisa menikmati beragam jenis makanan dan minuman dengan bebas. Aktivitas juga bisa terganggu karena rasa tidak nyaman pada gigi sensitif. Anda membutuhkan cara efektif mengatasi gigi sensitif sehingga rasa nyeri bisa lebih berkurang dan aktivitas tetap bisa dilakukan dengan lancar.

Read More

Solusi Gigi Sensitif

Kondisi gigi sensitif sebenarnya bisa dipicu oleh berbagai faktor penyebab. Bisa saja gigi memang sudah berlubang atau karena kebiasaan menyikat gigi terlalu keras. Selain itu kebiasaan makan makanan panas maupun dingin juga bisa memicu gigi sensitif. Berikut adalah 5 solusi efektif yang bisa diterapkan untuk mengobati masalah gigi sensitif:

1. Kumur dengan Air Garam

Solusi pertama yang bisa dicoba adalah berkumur dengan air garam. Garam diketahui merupakan antiseptik alami yang bisa meredakan inflamasi. Gigi sensitif biasanya akan meninggalkan rasa nyeri. Cobalah untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut dengan berkumur air garam. Apalagi jika penyebab gigi sensitif tersebut adalah bakteri yang memicu munculnya gigi berlubang.

Caranya mudah, buat dulu campuran 1-1/2 sendok garam dengan segelas air putih hangat. Setelah itu pakailah larutan air garam ini untuk berkumur. Cukup kumur selama 30 detik dan keluarkan air kumur tersebut setelah dirasa cukup. Lakukan pengulangan beberapa kali untuk memastikan bahwa rasa nyeri tidak datang lagi.

2. Aplikasikan Kunyit

Anda juga bisa membuat pasta kunyit untuk mengatasi masalah gigi sensitif. Kunyit diketahui mengandung curcumin yang bersifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antibiotik. Kandungan dalam kunyit sangat efektif untuk meredakan nyeri pada gigi sensitif. Agar bisa diaplikasikan dengan baik ke area gigi sensitif maka harus membuatnya dalam bentuk pasta terlebih dahulu.

Cobalah untuk menyiapkan 1 ruas jari kunyit kemudian panggang dan haluskan. Lalu campur 1/2 sendok teh garam dan 1 sendok makan minyak kelapa dan campur sampai membentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta kunyit ini ke bagian gigi yang ngilu karena masalah sensitif. Pakailah dua kali sehari hingga rasa ngilu pada gigi mereda.

3. Kurangi Pemakaian Pasta Gigi Whitening

Salah satu cara mengatasi gigi sensitif adalah dengan mengurangi pemakaian pasta gigi whitening. Pasta gigi yang mengandung whitening seringkali disukai karena bisa memutihkan gigi namun sebenarnya ini tidak terlalu bagus karena bisa membuat lapisan email semakin tipis. Biasanya semakin tipis lapisan email maka akan semakin tinggi pula tingkat sensitivitasnya.

4. Aplikasikan Minyak Cengkeh

Salah satu bahan alami yang juga dinilai efektif mengatasi sensitivitas pada gigi adalah minyak cengkeh. Cobalah untuk mengaplikasikan minyak cengkeh ke bagian gusi dan gigi yang nyeri karena sensitif. Minyak cengkeh ini mengandung senyawa kimia yang bersifat analgesik dan antiseptik. Jadi memang sangat efektif meredakan nyeri terutama pada gigi sensitif.

5. Gunakan Pasta Gigi Khusus

Jika Anda tak mau ribet menggunakan pasta dari bahan-bahan alami, cobalah untuk memakai pasta gigi khusus gigi sensitif. Jenis pasta gigi seperti ini sudah diformulasikan untuk mengatasi masalah sensitivitas pada gigi. Memang pemakaiannya harus rutin agar masalah gigi sensitif bisa teratasi dengan baik.

 

Mengatasi gigi sensitif dibutuhkan kesabaran dan konsistensi karena memang tidak bisa hilang dalam sekejap. Jika kamu sabar dan konsisten menggunakan produk yang tepat maka perlahan-lahan gigi sensitif akan semakin kuat. Kondisi ini menyebabkan gigi Anda tak akan lagi terasa sakit dan lebih tahan terhadap makanan dingin, panas, maupun asam.

Sumber:

https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/gigi-sensitif/mengatasi-gigi-sensitif-dengan-bahan-alami.html

https://www.listerine.co.id/gigi-sensitif/cara-meredakan-gigi-sensitif/5-cara-menenangkan-gigi-yang-sensitif

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.