5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi dengan Aman dan Efektif

Nyeri sendi merupakan kondisi dimana sendi terasa tidak nyaman atau sakit. Sendi ini merupakan bagian yang menghubungkan dua tulang dan membantunya untuk bergerak. Jika terjadi nyeri sendi, maka Anda secara otomatis akan sulit bergerak karena terasa sakit. Sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ortopedi jika kondisi seperti ini terjadi dan bertahan cukup lama.

Mengobati Nyeri Sendi

Penyebab nyeri sendi itu sendiri sangat beragam. Bisa jadi karena penyakit asam urat, trauma, kerusakan tulang rawan, dan penyakit lainnya. Berikut ini 5 cara efektif yang bisa membantu mengatasi nyeri sendi sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan lancar:

1. Istirahatkan Sendi

Cara pertama, cobalah untuk mengistirahatkan sendi yang sakit terlebih dahulu. Sendi yang mengalami nyeri tidak seharusnya dipakai untuk beraktivitas terus. Lebih baik segera istirahatkan supaya sendi bisa lebih rileks dan rasa nyeri berkurang. Meskipun memang sebaiknya tidak boleh didiamkan terus-menerus namun sangat penting untuk mengatur waktu dimana sendi perlu dilatih dan diistirahatkan.

2. Kompres dengan Air Hangat

Sangat disarankan untuk mengompres area sendi yang sakit dengan menggunakan air hangat. Air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit yang mendera. Selain itu air hangat ini juga akan memperlancar aliran darah di sekitar sendi. Cobalah untuk menggunakan heating pad supaya hangatnya lebih awet dan bisa tahan lama digunakan di sekitar sendi.

3. Konsumsi Obat pereda Nyeri

Bagi Anda yang merasa nyeri sendi tersebut sudah terlalu parah, maka disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri. Obat ini bisa dikonsumsi sesuai resep dari dokter ortopedi yang memberikan konsultasi. Bisa juga menggunakan obat yang dibeli secara bebas di apotek, seperti paracetamol dan ibuprofen. Namun pastikan konsumsinya tepat dan tidak menyalahi aturan dosis.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi adalah konsumsi makanan sehat. Pola makan sehat sangat berpengaruh pada kesehatan muskuloskeletal termasuk kesehatan sendi. Bila perlu, Anda juga sangat disarankan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan atau asam lemak omega-3. Suplemen ini diketahui bisa membantu menurunkan rasa nyeri akibat adanya inflamasi sendi.

5. Lakukan Olahraga Renang

Penderita nyeri sendi juga disarankan untuk berolahraga renang. Pada dasarnya kondisi nyeri seperti ini memang tidak boleh dipaksa namun tetap harus dipakai untuk beraktivitas supaya tidak kaku. Anda bisa mencoba olahraga renang yang sangat efektif membantu memperkuat tulang dan sendi. Selain itu olahraga ini juga berisiko rendah sehingga terbilang aman untuk sendi Anda.

Jangan tunda untuk datang dan berkonsultasi ke dokter ortopedi terbaik jika masalah sendi ini terus berlanjut. Pastikan Anda mendapatkan penanganan terbaik sehingga sendi kembali sehat dan bisa dipakai beraktivitas dengan lancar. Pastikan juga bahwa Anda terus menerapkan pola makan sehat, rajin berolahraga, dan mempertahankan berat badan ideal demi kesehatan sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.